Langsung ke konten utama

(yang aku pikirkan) Rahasia Sukacita Selalu




Siapa yang gak pengen setiap hari yang dilalui selalu bahagia dan penuh sukacita?
Temen pada kompak, ketawa bareng, makan enak, dapat kenalan baru, dapat pengalaman baru, semua yang serba baru.
Jangan pikir itu tidak bisa kamu alami.
Let’s think right!
Jika mau, simak tulisan berikut.

  •    Yang pertama kali yang  harus anda lakukan adalah bangun tidur lalu berdoa. Kenapa berdoa? Karena ketika hubungan kita dengan sang pencipta baik, maka hubungan kita dengan sesama juga akan dibaikkan olehNya. Kita harus selalu menjaga relasi vertikal (Tuhan) dan relasi horizontal (Manusia) kita.


  • Yang kedua, buka dirimu untuk menerima lingkungan di hari yang baru itu. Buka dirimu agar mampu menerima respon positif maupun respon negatif yang diberi lingkungan. Ingatlah kamu lah yang menentukan bagaimana kamu menyikapi respon tersebut. Ketika lingkungan memberi respon negatif, apakah kamu juga ikut merespon negatif? Sebaiknya pikir ulang dan jangan sampai lingkungan mempengaruhi sikapmu untuk menunda melakukan hal-hal yang positif. Yang baik akan selalu menghasilkan yang baik. Ketika kau berjumpa dengan orang yang tiba-tiba memarahimu, tersenyumlah. Lalu katakan ‘oh, begitu saya minta maaf ya.. saya sedang terburu-buru nanti kita lanjutkan lagi ya...’ kemudian kamu berlalu. :D pasti dia berpikir kalo marahnya itu sia-sia.

  • Yang ketiga, tanggapi hal-hal yang menyenangkan dan tanggapi permasalahan dengan pikiran yang terbuka, bukan dengan hati yang luka galau. Karena apabila hati kita luka umumnya kita juga menanggapi segala hal dengan negatif (sakitnya keluar). Dalam hal ini, kita perlu mengasah kemampuan pengendalian diri kita. Umumnya semakin dewasa kita, semakin mampu kita mengendalikan diri.

  • Yang keempat, perlihatkan wajahmu yang tersenyum, karena itu akan mempengaruhi suasana sekitarmu menjadi lebih ceria.

  • Yang kelima, sering-sering bergabung dengan teman-teman yang suka ketawa-ketawa. Eits, bukan berarti kita cuma mau temenan sama kawan-kawan ketawa aja terus kita ninggalin temen yang sedang sedih. Bukan seperti itu. Ketika kita tahu temen kita lagi sedih atau sedang ada masalah, kita hibur dia bareng kawan-kawan ketawa kita. Tawa gila kita akan mempengaruhi suasana hatinya dan setidaknya sedikit membantunya agar tidak terpuruk dalam kesedihannya. Lo harus move on guys...! 

  • Yang keenam, hadapi semua yang terjadi satu harian itu dengan pikiran positif plus penyertaan dari Tuhan agar selalu diberi sukacita dan kebijaksanaan. Ketika kamu menyerahkan seluruh hari itu kedalam tangan Nya, Dia akan mengatur rencana terbaikNya untuk kamu dapatkan pada hari itu. Just TRUST GOD.

Nah, itulah beberapa pengalaman yang sudah pernah aku alami dalam menjalani hari-hari penuh sukacita, dan sekarang aku jadikan tips buat teman-teman sekalian yang udah mampir diblogku.

Add caption

Komentar

  1. keren.. thx 4 share.. bisa jadi berkat buat sayah..

    BalasHapus
  2. terimaksih...
    sama-sama terberkati melalui postingan ini :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan jadi silent reader. Tinggalkan jejakmu di sini ya.. :)

Postingan populer dari blog ini

Cemewew, Wakadobret, Wakacipuy

Bahasa adalah sesuatu yang indah, yang bisa menyampaikan perasaan heart to heart dengan untaian manis. Sebagai seseorang yang suka menulis, aku adalah pencinta kata. KBBI tentunya tidak jauh-jauh dari aku. Ahahaha... Seorang teman mengajakku berbicara di sela perkuliahan waktu lalu. Aku hanya mendengarkan apa yang dikatakannya padaku tanpa begitu mengerti maksud dari ucapannya. kau sekarang sedang cemewew kan,? berarti kalian wakarapet. lalu kalian wakadobol, nah nanti nggk lama lagi kau sama dia bakal wakadobret. nah akibat dari wakadobret tersebut maka kau akan mengalami yang namanya wakacipuy. Udah, wakacipuy ajalah kau. nggak yakin aku, kau cemewew. haha..nggak ngerti? Haaha pasti nggak ngerti. Makanya nonton NET TV mamen.... Dengan muka yang masih bingung, hatiku berbisik Gimana ceritanya nonton TV? lah, TV aja nggak punya. walah.. wakadubrak! Esoknya, istilah-istilah itu semakin membooming karena dia mempresentasikannya saat presentasi materi di depan kelas. Akhirn

Tahap-tahap dalam proses belajar menurut Albert Bandura

Note :  Ini catatan aku waktu tadi diperpus. Aku takut hilang kayak file-file PPD aku barusan. :'( Jadi aku posting aja.             Menurut bandura (1977), seorang behavioris moderat penemu teori social learning / observational learning, setiap proses belajar (yang dalam hal ini terutama dalam belajar sosial dengan menggunakan model) terjadi dalam urutan tahapan peristiwa yang meliputi :       Tahap perhatian ( attentional phase) .   Tahap penyimpanan dalam ingatan ( retention phase )       Tahap reproduksi ( reproduction phase )       Tahap motivasi ( motivation phase ) Tahap-tahap di atas berawal dari adanya peristiwa stimulus atau sajian perilaku model dan berakhir dengan penampilan atau kinerja (performance) tertentu sebagai hasil/perolehan belajar seorang siswa. Dalam bukunya sosial learning Theory, Albert Bandura sebagaimana dikutip oleh Pressly  & McCormic (1995:217-218) menguraikan tahapan-tahapan tersebut kurang lebih seperti yang dipaparkan dibaw

Panggilan Keakraban di Batak PakPak

Berhubung saya suka mempelajari suku-suku di indonesia ini, dan kebetulan dapat wawasan dari sebuah akun twitter  Batak_Com  , jadi, saya share kan buat teman-teman bloger sekalian sebagai penambah wawasan. Berikut ini  Sebutan/Panggilan kekerabatan di Batak Pakpak 1.Daholi = Pria,   2.Daberru = Wanita,   3.Empung Daholi=Kakek   4.Empung Daberru = Nenek,   5.Nange=Ibu kandung,   6.Bapa=Ayah kandung,   7.Kaka=Kakak   8.Anggi=Adik     9.Turang=Panggilan umum untuk saudara/I yang belum saling mengerti silsilah marganya.   10.Impal=Panggilan untuk wanita/pria dimana secara adat merupakan calon jodohnya (Pariban)   11.Silih = Panggilan si suami untuk saudara laki-laki / satu marga dengan si istri   12.silih=Panggilan dari orang tua laki-laki si suami pada orang tua laki-laki si istri demikian juga            sebaliknya   13.Silih=Panggilan anak laki-laki pada anak laki-laki dari puhun dan sebaliknya.   14.Eda = Panggilan si istri untuk saudara wanita/satu